Anak adalah fajar kehidupan

Hatinya memantulkan kejernihan harapan

Pikirannya melukiskan ketajaman gagasan

Ditangannya, dunia mempercayakan masa depan.


Tugas kita…

Membekali mereka dengan cinta, cita dan citra.

Hingga mereka tumbuh mandiri dan percaya diri

Dalam menjalani tugas penghambaan kepada illahi Rabbi. (Ubes Nur Islam)

06/06/10

Habbatusaudah

Rasulullah saw bersabda: ”Gunakanlah Al Habbatussauda, karena di dalamnya terdapat obat untuk segala macam penyakit kecuali as Ssam (maut)” (Shahih Bukhari dan Muslim).

Jintan hitam (the Black Seed) telah digunakan sejak dulu. Mulanya ini digunakan oleh orang-orang Parsi dalam masakan dan obat-obatan mereka. Jintan hitam berasal dari kawasan Mediteranean, namun kini ia juga ditanam di Afrika Utara dan sebagiannya di Asia seperti India. Jintan hitam diperoleh dari bijinya. Pokoknya mengeluarkan bunga berwarna ungu muda atau putih. Buahnya berbentuk kapsul yang mengandung banyak biji kecil berwarna putih dan berbentuk trigonal. Setelah matang kapsulnya terbuka dan biji-biji ini akan berubah menjadi hitam. Minyak dari jintan hitam ini dijumpai dalam makam Fir’aun yang terkenal, Tuthankamen. Ia juga digunakan oleh Cleopatra untuk kesehatan dan kecantikannya.

Jintan hitam digunakan ahli pengobatan Yunani untuk mengobati sakit gigi, sakit kepala, hidung tersumbat dan mengatasi parasit usus seperti cacing. Ahli pengobatan Islam yang terkenal, Ibnu Sina di dalam bukunya menyatakan bahwa jintan hitam dapat digunakan untuk meningkatkan metabolisme dan meningkatkan semangat. Jintan hitam juga dikenal sebagai BRM (Biological response Modifier) karena di barat ada penelitian yang menunjukkan bahwa ekstrak dari bijinya bersifat toksik kepada sel kanker. Penelitian ini dilakukan terhadap tikus. Penelitian ini juga menunjukkan, sel kanker yang diberi ekstrak jintan hitam dalm inkubator tidak dapat menghasilkan faktor untuk pertumbuhan (Fibroblast Growth Factor) dan protein berkolagen yang diperlukan untuk pertumbuhan tumor.

Jintan hitam atau Habbatussauda telah digunakan di banyak negara Timur Tengah untuk pengobatan alami selama lebih dari 2000 tahun. Sejak tahun 1960 terdapat lebih dari 200 studi di berbagai universitas berbagai negara yang telah menemukan manfaat luar biasa dari habbatussauda ini. Para ilmuwan di Eropa baru-baru ini menyatakan bahwa Habbatussauda (the Black Seed) bekerja sebagai anti bakteri dan anti jamur. Para ilmuwan imunobiologi dan kanker menemukan bahwa Habbatussauda dapat merangsang sumsum tulang dan sel-sel kekebalan tubuh untuk meningkatkan produksi interferon serta melindungi sel-sel normal terhadap efek-efek virus yang merusak sel, juga menghancurkan sel-sel tumor.

Di dalam Habbatussauda' terdapat zat yang memperkuat imunitas (kekebalan) tubuh untuk melawan sel tumor. Ia mengandung zat anti bakteri dan jamur serta memiliki efek menurunkan gula darah bagi penderita diabetes. Penggunaan secara rutin dapat meningkatkan daya tahan tubuh terhadap berbagai macam penyakit, Insya Allah.

KANDUNGAN HABBATUSSAUDA?

1. 15 Macam Asam Amino Protein, Karbohidrat dan Minyak Olatile (Alkaloids, Saponin, dan Crode Fiber)
2. Kalsium, Sodium, Potasium, Magnesium, Selenium, dan Zat Besi.
3. Vitamin A, B1, B2, B6, C, E, dan Niacin.
4. Karotin
5. Asam Alfa Linolic
6. Crystaline Nigellone dan Arginine

KHASIAT HABBATUSSAUDA', INSYA ALLAH :

1. Menguatkan sistem kekebalan tubuh
2. Memecahkan batu ginjal
3. Mengobati Diabetes Melitus
4. Meningkatkan produksi ASI
5. Memperlambat proses penuaan sel
6. Menormalkan tekanan darah
7. Mengobati gangguan lambung dan hati.
8. Menyeimbangkan hormon
9. Menyembuhkan Rheumatik dan Impotensi
10. Membuang racun dari dalam tubuh
11. Menghilangkan/mengurangi reaksi alergi

Dapatkan Habbatusaudah di Tibbun Nabawi Center RSIA Zainab, Mencegah dan menyembuhkan berbagai macam penyakit dengan izin Allah.