Anak adalah fajar kehidupan

Hatinya memantulkan kejernihan harapan

Pikirannya melukiskan ketajaman gagasan

Ditangannya, dunia mempercayakan masa depan.


Tugas kita…

Membekali mereka dengan cinta, cita dan citra.

Hingga mereka tumbuh mandiri dan percaya diri

Dalam menjalani tugas penghambaan kepada illahi Rabbi. (Ubes Nur Islam)

19/06/10

KLINIK LAKTASI

Air Susu Ibu (ASI) adalah makanan paling sempurna bagi bayi. Sebagai makanan tunggal yang mengandung seluruh zat gizi yang diperlukan bayi, ASI juga mengandung zat untuk meningkatkan daya tahan (kekebalan) tubuh dari berbagai infeksi.
Manfaat ASI (Air Susu Ibu), memang telah terbukti. Tapi masih banyak ibu yang tidak mau menyusui karena alasan akan mempengaruhi penampilannya atau alasan lainnya. Dan banyak juga yang menyusui bayinya hanya dalam waktu beberapa bulan pertama saja.
Seiring perkembangan zaman dan munculnya fenomena wanita bekerja, peran ASI kian tergeser. Sang Ibu merasa telah memberikan yang terbaik untuk buah hati mereka, dengan memberikan susu formula. Kurangnya informasi tentang ASI menjadi salah satu faktor yang mendorong semakin sedikitnya ibu menyusui bayi.

Beberapa informasi penting yang perlu diketahui oleh ibu mengenai ASI antara lain :
1. Arti Kolostrum
Kolostrum adalah air susu ibu yang keluar pada hari-hari pertama setelah bayi lahir, berwarna kekuning-kuningan lebih kental karena lebih banyak mengandung protein dan vitamin A serta zat kekebalan tubuh yang penting untuk melindungi bayi dan penyakit infeksi.
Manfaat Kolostrum :
  • Kolostrum mengandung zat kekebalan terutama IgA untuk melindungi bayi dari berbagai penyakit infeksi terutama diare.
  • Jumlah kolostrum yang diproduksi bervariasi tergantung dari hisapan bayi pada hari-hari pertama kelahiran. Walaupun sedikit namun cukup untuk memenuhi kebutuhan gizi bayi.
  • Kolostrum mengandung protein, vitamin A yang tinggi dan mengandung karbohidrat dan lemak rendah , sehingga sesuai dengan kebutuhan gizi bayi pada hari-hari pertama kelahiran.
  • Membantu mengeluarkan mekonium yaitu kotoran bayi yang pertama berwarna hitam kehijauan.
2. Keuntungan ASI eksklusif bagi bayi :
  • Pemberian ASI eksklusif akan mempererat ikatan batin ibu dan bayi.
  • Meningkatkan kekebalan dan kecerdasan bayi.
  • ASI mengandung zat anti infeksi , bersih dan bebas kontaminasi.
  • Menumbuhkan interaksi antara ibu dan bayi : pertumbuhan dan perkembangan psikologik bayi tergantung pada kesatuan ibu dan bayi. Bayi juga merasa aman dan nyaman karena bayi merasakan kehangatan tubuh ibu dan mendengar denyut jantung ibu yang sudah dikenalnya sejak bayi masih dalam rahim.
  • Kandungan nilai gizi ASI sangat dibutuhkan untuk perkembangan sistem syaraf otak yang dapat meningkatkan kecerdasan bayi.
  • Untuk aspek neurologis dengan mengisap payudara, koordinasi saraf menelan, menghisap, menelan dan bernafas yang terjadi pada bayi baru lahir dapat lebih sempurna.
3. Keuntungan memberikan ASI eksklusif bagi ibu :
  • Mempercepat kesembuhan ibu terutama fungsi rahim dan mencegah perdarahan setelah persalinan.
  • Rasa percaya diri ibu yang menyusui bahwa ibu mampu menyusui dengan produksi ASI yang mencukupi untuk bayi. Memberikan ASI eksklusif juga akan meningkatkan produksi hormon terutama oksitoksin yang berfungsi untuk pengecilan rahim serta hormon prolaktin yang akan meningkatkan produksi ASI.
  • Menyusui juga mampu menurunkan resiko untuk menderita kanker indung telur dan kanker payudara.
  • Praktis, aman, murah serta tidak ada kadaluarsa.
4. Memberikan ASI pertamakali
Mulai menyusui dini 30 - 60 menit setelah bayi lahir. Bayi membutuhkan 30 cc kolostrum untuk 24 jam pertama, artinya jumlah kolostrum walaupun sedikit sudah memenuhi kebutuhan gizi bayi.
5. Mempertahankan pemberian ASI eksklusif pada ibu bekerja.
Bekerja bukan alasan untuk tidak memberi ASI Eksklusif. Ibu bekerja tetap bisa memberikan ASI eksklusif pada bayinya dengan cara memeras ASI dan disimpan dalam tempat-tempat sebagai berikut
Ruangan Biasa ( + 26 ÂșC ) : 6 Jam
Kulkas dibawah Freezer/Termos Es : 24 Jam
Freezer : 3 Bulan
Catatan : Setelah ASI dihangatkan jangan dimasukkan kedalam kulkas lagi.
Cara menggunakan ASI peras :
ASI peras di dalam botol dihangatkan hanya dengan cara merendam di kom / wadah berisi air hangat. Jangan memanaskan asi diatas api langsung karena akan merusak protein dalam asi. Gunakan sendok atau cangkir kecil untuk memberi asi pada bayi.
Sebagai bekal tumbuh kembang, ASI sebaiknya diberikan secara eksklusif selama enam bulan berturut-turut. Artinya bayi hanya diberikan ASI, tanpa tambahan makanan/minuman lain seperti madu, air putih, susu formula, pisang / pepaya dan sebagainya.
Rumah Sakit Pantai Indah Kapuk sebagai " Sahabat yang Peduli Kesehatan Anda " membuka klinik khusus kami beri nama " KLINIK LAKTASI ". Klinik ini bertujuan untuk memberikan pengetahuan kepada ibu dan calon ibu berupa konsultasi tentang pemberian asi pada buah hati anda dan masalah - masalah menyusui, serta mengajarkan cara-cara perawatan payudara pada ibu menyusui.